Tuesday, February 22, 2011

Asia-Africa 2011 Film Festival

Hingga kawanan singa menuturkan kisah mereka, semua kisah perburuan hanyalah sanjungan bagi sang pemburu - Kiasan Afrika

Latar Belakang
Asia-Africa Film Festival (AAFF) adalah festival film tahunan bertaraf internasional. Pengembangan AAFF sebagai ajang kompetisi, pendidikan dan jembatan diplomasi melalui film dilakukan pada tanggal 18-24 Oktober 2010.
Mulai edisi 2011 ini penyelenggaraan festival akan diselenggarakan setiap 18-25 April. Pilihan tanggal tersebut sehubungan dengan peristiwa bersejarah Konperensi Asia-Afrika di Bandung, Jawa Barat, Indonesia pada 1955. Konperensi yang diselenggarakan dalam konteks dekolonisasi dan Perang Dingin tersebut dapat disimpulkan sebagai panggilan perdamaian antar negara, untuk kemerdekaan dari hegemoni adidaya manapun dan untuk membangun solidaritas terhadap yang lemah dan yang dilemahkan oleh tataran dunia. Konperensi Asia-Afrika juga memahami "bahwa di antara senjata paling kuat untuk menyebarluaskan pemahaman antar negara adalah pengembangan kerjasama budaya" (Dr. Roeslan Abdulgani, 1981). Prinsip inilah yang menjadi pijakan AAFF.

Tujuan AAFF:
  • Untuk menjadi jembatan diplomasi kerjasama budaya antar negara-negara Asia-Afrika yang didasari pada akuisisi pengetahuan, pertukaran budaya yang menguntungkan, dan pertukaran informasi seperti tercantum pada Final Communiqué of the Asia-Africa Conference 1955.
  • Untuk memperlihatkan keragaman budaya, sudut pandang sekaligus kealamiahan yang menggambarkan atmosfir sosial kontemporer di lingkungannya.
  • Untuk menggugah pencarian bahasa visual dan pengisahan yang unik serta komunikatif, terutama bagi penonton lokal.
Ciri AAFF:
  • Merangkul para pembuat film dan pertukaran kebudayaan antar lingkup film Asia-Africa dan internasional.
  • Menyediakan forum bagi pembuat film muda dan pemula.
Program AAFF 2011:
  • Kompetisi, meliputi : AsiAfricAward©, Suryanegara Award, Bandung Spirit Award, DOC Food!©.
  • Pameran, meliputi: Focus On, AsiAfricAll Stars©, Windows to AsiAfrica.
  • Pendidikan, meliputi: Flying Classroom©, Ethics&Aesthetics©.
  • Forum dan Fringe Section, meliputi: Film Commissions and Councils Forum, Film Schools Forum©, Revisited©, Market! Market!©
AAFF 2011 ini akan diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Sungailiat, Yogyakarta, Banda Aceh, Lumajang, Sanur dan Lombok.

Untuk informasi selanjutnya, bisa langsung hubungi AAFF Director melalui emailnya di sini.

1 comment: